suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » RAHASIA RESEP ES PISANG COKLAT YANG LEZAT

RAHASIA RESEP ES PISANG COKLAT YANG LEZAT

Written By Taufani Nurindra Tantri on Senin, 25 Januari 2016 | 12.17




Siapa sangka ya pisang yang biasanya disantap sebagai pencuci mulut, tapi ternyata bisa diolah menjadi makanan lain yang bisa disantap kapan saja. Contohnya kolak pisang, keripik pisang manisan dan lain-lain.

Pisang, buah yang tersusun rapi menjari di pohonnya atau disebut juga sisir, rata – rata berkulit kuning setelah buah ini matang. Tetapi ada juga beberapa jenis pisang yang berkulit jingga, merah, hijau, ungu bahkan hampir hitam. Pisang merupakan makanan yang kaya sumber energi karbohidrat dan mineral, terutama kalium.

                        

Kali ini pisang akan kita olah menjadi makanan atau jajanan murah meriah namun bergizi tinggi, yaitu es pisang coklat. Es pisang coklat ini, berbahan dasar pisang tentunya yang ditusuk dengan tusuk sate atau stick es lalu dicelupkan ke dalam adonan coklat atau bisa juga pisang yang sudah ditusuk dilumuri coklat.

Untuk bahan coklatnya, bisa memakai coklat bubuk atau coklat batang atau juga padat yang dicairkan. Coklat yang dipilih boleh rasa atau warna apa saja, mau rasa strawberry, coklat  rasa anggur, atau rasa lainnya sesuai selera.

Untuk menambah kekayaan rasa dan keindahan nya, boleh juga ditaburi dengan meises cioklat ataupun meises beraneka warna, bisa juga dengan kacang tanah atau toping lain. Sesuaikan saja dengan selera kita. Setelah es pisang ini keliha tan cantik, lalu masukkan ke dalam kulkas atau freezer.

Biar lebih jelas, kita bikin aja langsung es pisang coklatnya. :D

Bahan – bahan :
  • Pisang matang
  • 150 gram Gula pasir yang dihaluskan
  • 75 gram Coklat bubuk
  • 75 ml Minyak goreng
  • Tusuk sate atau stik es
Bahan taburan :
  • Meses, kacang, atau  apa saja sesuai selera.
Cara pengolahannya :
  1. Kupas pisang, lalu tusuk dengan tusuk sate atau stik es krim lalu bekukan didalam freezer ( untuk ukuran pisang kalau kira – kira pisangnya terlalu besar bisa di potong menjadi dua atau dipotong menjadi beberapa bagian asal  sesuai ukurannya )
  2. Larutkan coklat bubuk dengan sedikit air panas sampai coklat larut, dan tambahkan gula pasir halus(bila kurang manis bisa ditambah), aduk rata.
  3. Panaskan minyak goreng hingga mendidih, lalu tuangkan campuran gula pasir dan larutan coklat sambil diaduk (masak sebentar saja dengan api yang sangat kecil) sampai benar - benar rata dan menjadi seperti krim kental, angkat dan dinginkan. 
  4. Celupkan pisang yang telah beku kedalam larutan coklat, bisa diberi taburan meses, kacang cincang,dll. Kemudian langsung masukkan kembali kedalam freezer sampai lapisan coklat membeku, jika menginginkan lapisan coklat yang lebih tebal celupkan hingga beberapa kali, sesuai selera.  
  5.  Es Pisang Coklatny siap dinikmati.   
SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar