suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » KELEZATAN CHICKEN CORDON BLEU DARI PERANCIS

KELEZATAN CHICKEN CORDON BLEU DARI PERANCIS

Written By Taufani Nurindra Tantri on Rabu, 27 Januari 2016 | 11.10






Chicken Cordon Bleu ini memang sedikit agak asing di sebagian telinga orang Indonesia. Tapi makanan ini sudah terlampau populer di Eropa sana.  Bahkan di beberapa restoran, café, warung steak atau penjaja makanan berkelas lainnya, Chicken Cordon Blue ini menjadi menu favorit yang banyak di request.

Chicken Cordon Blue adalah makanan khas asli dari Perancis. Negara yang termasuk salah satu negara besar yang kaya akan  kebudayaan, tujuan wisata  dunia dan kuliner tradisionalnya dan tentunya mendunia. Tapi sebenarnya, Chicken Cordon Blue ini justru dibuat oleh orang Amerika yang terinpsirasi dari masakan – masakan Perancis.


Disamping Menara Eifel, Istana Versailles, Kota busana, Perancis juga terkenal dengan kulinernya juga seperti Nicoise Salad, Croissant, Tarte Tartin, dan yang akan kita olah sekarang Chicken Cordon Blue.

Kalau meneliti dari bahasa, Cordon Blue diambil dari zaman kerajaan Raja Henry III dari Perancis, sekitar abad ke – 16. Jadi dulu nama Cordon Bleu ini diberikan hanya untuk makanan atau kepada Chef yang berkualitas tinggi. Wuih….Jadi Chicken Cordon Blue artinya masakan dari ayam berkualitas tinggi. Itu baru dari segi bahasa,,hehe.

Kalau dari segi kualitas rasa, Chicken Cordon Blue ini mewakili dari rasa sebuah ayam, ham dan keju. Cara memasaknya adalah dengan memotong dan membuat lubang pada ayam, lalu dimasukkan keju dan ham ke dalamnya.  Bisa diberi tambahan hiasan lain seperti daun sayur segar atau saus.


Bahan-bahan dasar  :

- Daging ayam ½ kg (bagian dada)

- Daging asap 5 lembar

- Keju 4 lembar

- Telur 2 butir, kocok lepas

- Tepung terigu 60 gram

- Tepung panir 70 gram
Bumbu - bumbu untuk rendaman ayam :

• Susu tawar cair 145 ml

• Lada halus ½ sendok kecil

• Garam ½ sendok teh

Bahan - bahan untuk membuat saus :
- Bawang Bombay ¼ butir

- Mentega 1 sendok makan

- Air jeruk lemon 1 sendok teh

- Kaldu ikan 140 ml

- Tepung terigu ½ sendok makan
Cara membuat saus :

1. Panaskan sedikit mentega, tumis bawang Bombay hingga berarima harum.

2. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.

3. Tuangkan kaldu ayam bersama lada dan garam. Dimasak sampai mengental. Lalu tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata. Angkat dan sisihkan.
Cara mengolah chicken cordon bleu :

1. Terlebih dahulu dada ayam dibelah, tetapi jangan sampai terputus. Lalu pipihkan menggunakan pemukul daging. Sisihklan.

2. Siapkan bumbu untuk rendaman seperti susu cair, lada serta garam. Campur dan aduk rata.

3. Masukkan dada ayam dalam rendaman tersebut selama 30 menit supaya bumbu meresap.

4. Isi bagian tengan dada ayam dengan keju dan daging asap. Kemudian lunuri ayam dengan tepung terigu, telur serta tepung panir hingga merata.

5. Panas minyak goreng yang sudah diberi mentega, lalu goreng ayam hingga matang dan berubah warna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

6. Letakkan chicken cordon bleu dalam piring saji, siram dengan sausnya tadi.

7. Chicken cordon bleu siap disantap.

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar