suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » BRUSCHETTA BALADO ALA ITALI

BRUSCHETTA BALADO ALA ITALI

Written By Taufani Nurindra Tantri on Jumat, 22 Januari 2016 | 15.11




Italia, Negara yang dianggap paling eksotis di Eropa. Negara yang terkenal dengan sepakbolanya  juga kaya budaya seperti seni rupa, teater, dan mode. Soal masakan apalagi, karena Italia memiliki berbagai makanan khas yang kelazatannya tak usah diragukan.

Masakan-masakan Italia bisa ditemui di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, karena rasanya yang begitu universal. Sebutlah Pizza, Spaghetti, Tiramisu, Lasagna dan banyak lagi makanan Italia yang begitu familiar di mulut kita.


Nah, sekarang kita tidak akan membicarakan tentang sepakbola Italia,hehe. Tapi kita akan membahas salah satu makanan lezat Italia, yaitu “Bruschetta”.

Apa itu “Bruschetta”? Bruschetta adalah makanan yang terdiri dari  roti panggang yang dimasak dengan bawang putih dan atasnya ditaburi minyak zaitun, garam dan merica. Bruschetta juga bisa di dandani dengan memberinya toping boleh itu tomat, sayuran, kacang-kacangan, daging, ayam, keju atau lainnya.

Untuk penyajiannya, Bruschetta biasanya ditambahkan daun kemangi, tomat segar, bawang putih dan bawang merah atau mozzarella. Biasanya Bruschetta disajikan sebagai cemilan atau makanan pembuka. Tapi karena rasanya ringan dan membangkitkan selera membuat makanan ini enak disantap kapan saja.

Uniknya disini, kita akan menemukan masakan Italia dengan rasa Indonesia banget. Bruschetta ini akan kita padukan dengan Balado, jadilah “Bruschetta Balado”.

Balado neng yakin benar kita pasti mengenalnya. Satu teknin memasak khas Minangkabau yang dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah yang di campur dengan berbagai bahan makanan, seperti ayam goring, dendeng, teri, telur, dan lain-lain. Dan kali ini akan kita campur dengan roti.

Seperti apa rasanya? Yuk kita coba!

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

1 buah roti perancis, potong miring tebal 1cm
250 gram udang jerbung sedang, kupas, sisakan ekornya, kerat punggungnya
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh air jeruk nipis
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1 sednok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
100 ml air
1 sendok teh air asam jawa dari 1 sendok teh asam jawa larutkan dalam 1 sendok makan air
2 sendok makan minyak untuk menumis
minyak untuk menggoreng

Bumbu Tumbuk Kasar:

5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
7 buah cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting 

Cara membuat bruschetta balado:
  1. Panggang roti dengan  api bawah 190 derajat Celsius 5 menit. Angkat. Sisihkan.
  2. Lumuri udang dengan garam dan air jeruk nipis. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
  3. Tumis bumbu tumbuk kasar, daun salam, dan serai sampai harum. Aduk rata. Masukkan udang. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tuang air.Masak sampai matang dan meresap. Masukkan air asam jawa. Aduk rata. Angkat. Ambil satu buah roti. Letakkan balado di atasnya.

Bruschetta Balado ini cukup untuk 20 buah. Selamat mencoba!!!



SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar