suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » KUE SELINTING SINGKONG NENG

KUE SELINTING SINGKONG NENG

Written By Taufani Nurindra Tantri on Senin, 22 Februari 2016 | 14.35




Hallo!!!

Apa kabarnya nih para “Dapurker”. Hehe, kan kalo fans nya penyanyi atau group band punya panggilannya sendiri – sendiri, kaya “Slanker”, “Fiver”. Kita juga sebagai ahli masak di dapur harus juga punya panggilan akrab dong, boleh “Dapurker” boleh juga “Masaker”. Hehe becanda…

Tapi, apapun dan siapapun Fans atau idolanya, yang pasti hari ini Neng harus balik lagi memandu Mba – mba, Teteh – teteh, Umi – Umi atau Miss semua yang setia dengan artikel – artikel yang Neng bikin disini.

 

Seneng sekali rasanya bisa membantu pembaca semua. Semoga apa yang Neng tulis disini bisa bermanfaat buat semuanya ya.

Oke, kali ini Neng tidak akan membuat masakan dengan bahan yang susah untuk dicari. Kita coba mengolah makanan dari bahan yang ada di sekitar kita saja yah. Biar kita lebih cinta budaya dan karya bangsa sendiri. Hehe…harus dong.

Singkong!!! Kayanya salah satu jenis umbi – umbian ini mulai luput dari perhatian para pencinta kulinar nih. Padahal makanan yang satu ini sangat akrab di lingkungan kita dan juga gampang untuk diolah. Murah, meriah, bergizi dan renyah di lidah, juga indah dipandang jika diolah dengan cermat.

Si singkong ini makanan yang banyak mengandung karbohidrat lho, meskipun harganya murah meriah. Dan juga untuk mengolahnya, nggak perlu suatu keterampilan khusus, semua orang bisa. Seperti, dikukus, direbus, digoreng atau dipanggang.

Sekarang Neng mau coba sisi lain dari cara mengolah singkong, namanya “Sentiling Singkong Neng”. Makanan ini berasal dari daerah Jawa Tengah yang terbuat dari singkong yang diparut dicampur dengan agar – agar, gula yang kemudian di kukus lalu di taburi dengan parutan kelapa.

 

Entah kenapa kue yang manis dan lezat ini dinamakan “Sentiling”. Kenapa enggak kue singkong pelangi, atau cassava rainbow cake, karena kan warnanya kaya pelangi gitu berwarna.

Cuma denger – denger ini namanya disadur dari Bahasa Belanda, yang di ambil dari nama salah satu gelaran expo bernama Koloniale Tentoonstelling yang berupa pasar malam pada zaman dulu. Dan dalam expo tersebut disajikan kue manis ini. Tapi kenapa jadi “Sentiling” juga ya?

 

Waduh pusing deh mikirin namanya, yang jelas mah sekarang kita segera bikin aja kue nya, biar bisa bikin perut berhenti berorasi,,lapar..lapar .. lapar…hehe.
Yu, kita bikin kue nya.

Bahan-bahannya :

- ½ kg singkong, yang sudah kupas, lalu dicuci bersih, terus diparut

- ¼ sdt pasta vanili

- 175 gram gula pasir

- ½ sdt garam halus

- Pewarna makanan merah, kuning, hijau secukupnya

- Air secukupnya

Bahan taburannya :

• Kelapa parut setengah tua 1 butir

• Garam ¼ sdt

Cara mengolahnya :

1. Singkong parut dicampur dengan gula pasir, vanili serta sedikit air, lalu aduk rata.

2. Sdonan dibagi 3 bagian, masing-masing beri pewarna makanan yang tersedia, aduk rata.

3. Adonan dibikin kotak seperti balok panjang, kemudian dikukus hingga matang selama kurang lebih 35 menit. Angkat, lalu potong-potong kotak. Ukurannya bebas sesuai selera kebesarannya.

4. Campurkan bahan taburannya, kemudian kukus lagi selama 5 menit. Angkat.

5. Gulingkan kue sintiling singkong tadi dalam kelapa parut secara merata.

6. Kue sintiling singkong siap disajikan.


Cicipi, dan rasakan manis dan lezatnya “Kue Selinting Singkong Neng”.

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar