suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » KUE CASSEROLE KENTANG YANG CANTIK DAN LEZAT

KUE CASSEROLE KENTANG YANG CANTIK DAN LEZAT

Written By Taufani Nurindra Tantri on Selasa, 16 Februari 2016 | 07.35



Halo semua, pecinta masakan ala Dapur Cantik Neng!
Apa kabar?
Semoga baik-baik saja ya….

Neng punya sedikit cerita nih, tentang masakan yang namanya “Casserole”. Kalau lidah orang Indonesianya sih bilangnya “kaserol”. Mungkin akang/teteh sebagian sudah pada tahu apa itu kue Casserole  ya.

 

Jadi kue ini kan awalnya dari Eropa sana, dan sekarang sudah masuk ke Indonesia. Orang Eropa mengenal kue ini dengan nama Casserole, tapi ketika mereka ke Belanda sempat kaget! Karena orang Belanda menyuguhkan kue ini dengan nama schotel/schaal.

Tentunya terjadi perdebatan sebelum mereka mencicipi kue ini, yang akhirnya mereka setuju apapun namanya makanan ini akhirnya disantap juga secara bersama..hehe. Begitu juga di Indonesia, apapun itu kaserol ataupun casserole namanya, yang penting lezat, langsung disantap!!!

Kue Casserole itu sendiri adalah semacam makanan atau kue yang dikonsumsi sehari – hari oleh orang Eropa yang terbuat dari beberapa bahan utama. Ada yang terbuat dari udang, macaroni, sosis, jagung dll, yang dicampur dengan telur, susu dan macam – macam tambahan lainnya.

Nah, yang akan kita masak sekarang yaitu “Kue Casserole Kentang Yang Cantik dan Lezat”. Tentunya casserole yang terbuat dari kentang dengan dicampur beberapa bahan lain seperti daging asap, keju, mentega juga wortel dan beberapa penyedap.

Untuk rasanya, wah jangan ditanya deh,,hehe..dari bahannya juga sudah menggiurkan bukan? Dan yang pasti nilai gizi kue ini pasti tinggi, kaya karbohidrat dari kentang, sumber protein dari daging, kaya vitamin, nutrisi, kalsium, lemak dari keju, dan mata kita jadi lebih indah berkat sentuhan wortelnya.

Baiklah akang/teteh, kita tengok saja yuk cara mengolahnya.

Bahan-bahannya :

- 600 gr Kentang, kupas, potong dadu

- 6 Lembar daging asap, iris panjang

- 300 gr Wortel, potong dadu

- 100 gr Bawang Bombay, cincang

- 40 gr Keju cheddar, diparut

- 15 gr Keju parmesan, taburan

- 100 gr Krim kental

- 6 sdm Mentega tawar
- 1 sdt Merica bubuk

- ¼ sdt Pala bubuk

- ¼ sdt Garam

- 500 ml Air

Cara mengolahnya :

1. Tumis bawang Bombay dalam mentega yang sudah dipanaskan sampai wangi.

2. Masukkan daging asap, aduk, lalu tuangkan air. Biarkan mendidih.

3. Tambahkan kentang, wortel, merica, pala serta garam, aduk rata. dimasak 5 menit saja. Angkat. lalu campurkan dengan krim kental dan keju cheddar, aduk rata.

4. Tuangkan adonan dalam pinggan tahan panas, tutup menggunakan alumunium foil. Lalu masukkan dalam oven bersuhu 180 derajat celcius, panggang selama 15 menit hingga matang. angkat. beri keju parmesan.

5. Kue kaserol kentang siap dihidangkan.

Tata sedemikian rupa, sehingga kue kaserol lezat terlihat lebih cantik dan menggoda. Selamat menikmati.
SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar