suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » RESEP CANTIK MARTABAK MANIS IJO GREEN TEA

RESEP CANTIK MARTABAK MANIS IJO GREEN TEA

Written By Taufani Nurindra Tantri on Sabtu, 06 Februari 2016 | 18.57



Halo semua!
Ketemu bareng lagi sama koki cantik disini,,hehe

Kali ini, Neng punya satu resep yang agak seru nie buat dicoba di rumah akang/teteh semua. Namanya “Martabak Manis Ijo Green Tea”. Itu lho makanan yang manis – manis gimana kaya Neng. ( Hehe,, piss)

 

Martabak tu kalo dalam Bahasa Arab artinya “Sesuatu Yang Terlipat”. Entah apa itu yang terlipat, tapi yang pasti disini kita ngomongin tentang makanan. Jadi kalo di Arab sana si “Martabak” ini adalah termasuk salah satu makanan yang banyak di sajikan di berbagai tempat.

 

Martabak ini gak hanya populer di Arab, tapi di beberapa negara Asia seperti : Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam termasuk di Indonesia. Kalo di Malaysia, martabak ini dikenal dengan nama “Apam Balik”, biasanya disajikan untuk sarapan pagi bersama segelas Teh Tarik.

Di Indonesia sendiri, martabak yang dikenal terbagi menjadi dua : Martabak Manis dan Martabak Telor, dan yang paling terkenal yaitu martabak yang datangnya dari Bangka Belitung sana, karena rasanya yang ciamik!!!

 

Biasanya nie akang/teteh, kalo kita temuin di penjual – penjual martabak kalo yang manis kan dibikinnya dari tepung terigu yang dicampur dengan telor dan gula terus ditaburin kacang tanah\coklat terus dilipat dan dipanggang.

 

Nah, Neng punya trik khusus biar bentuk dan rasa juga tekstur martabak nggak begitu – begitu melulu. Harus ada yang fresh dan unik dengan masakan/makanan yang kita olah, biar orang rumah yang ngicip makanan kita juga ga pada bosen.

Kita akan bikin martabak varian lain, berwarna ijo dengan kesegaran aroma daun teh ijo. Didalemnya bisa kita isi dengan berbagai macem topping  kaya kelapa, coklat, keju atau bisa juga di mix dengan bahan laen sesuai selera akang/teteh ajja.

 

Eits, pasti masih bingung yah masaknya pake apa?
Udah, nggak usah pake bingung deh, kita masak pake media yang ada di dapur kita ajja. Kalo di dapur cantik Neng, pake teflon. Kalo akang/teteh terserah pake apa ajja yang ada di dapurnya masing – masing, yang penting bisa dipake masak. ( Asal jangan pake ember/penggilingan ya,,hehe).

 

Ya udah, yu kita masak martabak yuuuu..Ikutin Neng yaaa..


Sediain bahannya :
  • 10 sdm terigu
  • 400 ml air
  • 1 btr Telur
  • 1/2 sdt bp
  • 1/2 sdt soda kue
  • 3 tetes pewarna hijau, boleh pake/nggak, atau  boleh diganti dengan pasta atau bubuk green tea
  • 3 sdm Gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Terus kita olah adonannya :
Campur terigu, bp, garam, gula pasir, air, telur, aduk rata, pake garpu diamkan adonan selama 30 menit.

 

Panaskan teflon, olesi pakai mentega, kalo ada teflon ukuran kecil (± 20 cm) biar nanti adonannya nggak  terlalu tebel.


Setelah 30 menit, tambahkan soda kue dan pewarna hijau, aduk rata 

   

Bagi adonan jadi 2, tuangkan ke teflon panas, api kecil tunggu adonan berlubang-lubang, baru ditutup.Setelah matang, angkat, olesi mentega, dan topping sesuai selera, boleh keju, susu dll.


Sajikan dengan beberapa potongan kecil.

 

Lapor!! Martabaknya sudah jadi,, tinggal santap Komandan….


SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar