suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » BAKWAN JAGUNG RENYAH DARI NENG

BAKWAN JAGUNG RENYAH DARI NENG

Written By Taufani Nurindra Tantri on Sabtu, 27 Februari 2016 | 13.09



Wah, wah, wah….Perut laper nih,, tapi nggak ada makanan atau bahkan kue sedikit pun..
Tenang jangan panik dulu. Karena resep dari “Dapur Cantik Neng” berikut ini dijamin halal,,Eh salah , dijamin bisa menanggulangi rasa laparnya sahabat.

Resep makanan cemilan ini nggak memakan waktu lama, juga nggak makan biaya banyak, juga nggak makan tempat,,hehe. Karena cemilan ini terbuat dari jagung, wortel, tepung dan sedikit bumbu dan penyedap rasa lainnya. Tapi rasanya…..Nendang banget bu!

 

Neng kasih nama cemilan ini "BAKWAN JAGUNG RENYAH DARI NENG"

Kenapa Neng pilih jagung buat diolah? Alasannya, selain jagung mudah didapat, juga harganya terjangkau tapi dibalik itu semua jagung memiliki kandungan gizi yang lebih mahal daripada harganya. Selain sebagai makanan penghasil karbohidrat, jagung juga mengandung beberapa unsur gizi penting yang dibutuhkan tubuh kita per – harinya.

Nggak percaya? Nih, Neng punya data kandungan gizi Jagung per 100 gram :
  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Besi : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr
Waw,,betul – betul komplit kan! Makanya nggak salah kalo penduduk di Amerika Tengah dan Selatan, Afrika, juga sebagian penduduk Indonesia menjadikan jagung sebagai pangan pokok sehari – harinya.

Bakwan jagung sebenarnya sudah familiar di telinga sahabat Neng semua. Tapi, beda – beda cara mengolah dan pilihan bahan pelengkapnya. Kalau tepat cara pemilihan bahan dan mengolahnya, wuih, dijamin deh rasanya berkelas dan boleh di adu sama makanan berkelas dan mahal lainnya.

Kalau bakwan jagung dari Neng ini, sederhana sih cuma bermodalkan 3 potong jagung manis, 3 bahan tepung, 3 bumbu penyedap, 3x lebaran, 3x puasa.. ..Ups salah, itu mah resep jadi Bang Toyib yahhh,,,hehe.

Maksud Neng bahannya adalah : jagung, tepung terigu, tepung beras dan tepung sagu/tapioka. Rahasia biar renyah ditambah backing powder double acting. Tapi itu sarang rahasia dari Neng, kalau ga suka ya ga apa – apa ga pake backing powder juga garing kok.

Untuk segi teksturnya, di sini Neng sengaja nggak mengolah jagung semuanya dilumat atau di olah butirannya langsung. Tapi sebagian dilumat, dan sebagian lain dibiarkan berbentuk butiran, biar rasa di lidahnya bervariasi,,hehe

Untuk sensasi varian rasa, Neng tambah disini dengan serutan wortel juga daun bawang yang dicincang, biar gimana – gimana gitu.

Tips dalam mengaduk adonan, cobalah diaduk perlahan dan jangan berlebihan. Biar nggak terlalu banyak gluten yang terbentuk dan juga membuat bakwan jadi kenyal dan bantat.

Ada juga hal yang patut diperhatikan saat menggoreng, minyak yang banyak sangatlah penting dalam hal menggoreng, karena adonan sebaiknya terendam dalam minyak seluruh bagiannya, agar matang secara sempurna.

Bakwan Jagung Renyah Dari Neng ini, dibuat dalam bentuk pipih dan melebar, agar bakwan yang dihasilkan menjadi garing sempurna sampai ke seluruh bagian. Jadi memasaknya menggunakan pan, sehingga adonan yang dituangkan bisa terendam rata semuanya.


Oke, untuk resep lengkapnya sahabat bisa ikuti turorialnya di bawah ini :

Untuk 10 - 15 porsi bakwan

Bahan generasi pertama :

3 Buah jagung manis ( pisahkan dan buang bonggolnya, gunakan pisau untuk menyisirnya)
1 Batang wortel ukuran kecil yang di serut kasar atau iris sebesar korek api
2 Batang daun bawang, dicincang hingga halus

Bahan generasi kedua :

4 Siung bawang putih, haluskan
4 Siung bawang merah, dicincang halus
1 Sendok teh merica bubuk
2 Sendok teh garam
1 Sendok makan gula pasir

Bahan generasi ketiga yang diaduk menjadi satu :

4 Sendok makan tepung terigu
3 Sendok makan tepung beras
3 Sendok makan tepung tapioka/sagu
1 ½ Sendok teh baking powder double acting

Bahan generasi terakhir :

50 s/d 100 ml Air

Cara membuatnya :

Siapkan jagung yang sudah dipipil dari tongkolnya

 

Proses 1/2 bagian porsi jagung dengan chopper atau food processor, atau haluskan dengan ulekan batu hingga lumat.

 

Tuangkan jagung tumbuk ini ke mangkuk berisi 1/2 porsi jagung pipilan yang masih utuh. Tambahkan wortel dan daun bawang. Aduk hingga rata.

 

Masukkan bahan generasi kedua, aduk rata. 

 

Tambahkan bahan generasi ketiga, aduk hingga rata. 

 

Masukkan bahan generasi terakhir (air) sedikit demi sedikit (jangan sekaligus semua) supaya adonan tidak terlalu lembek. Aduk perlahan hingga tercampur rata dan sempurna, jika adonan terlalu pekat tambahkan air sedikit.

 


Tips: Jangan berlebihan mengaduk agar bakwan tidak keras.

Cicipi rasa adonan, bakwan harus berasa manis dan asin jadi sesuaikan gula dan garam yang dimasukkan. 

Siapkan pan datar anti lengket, masukkan minyak agak banyak.

Panaskan minyak hingga benar-benar panas.

Tuangkan adonan dengan menggunakan sendok sayur di satu sisi pan, pipihkan adonan dengan punggung sendok hingga melebar. 

 

Ukuran bakwan sesuai selera sahabat, tapi bentuk bakwan harus pipih, agak tipis dan melebar. 

Tuangkan adonan lainnya, sebaiknya adonan bakwan tidak terlalu memenuhi pan biar gampang membolak - balik bakwan ketika bagian bawahnya telah matang. 

Goreng hingga satu sisi matang dan kecoklatan, balikkan dan goreng sisi lainnya hingga bakwan kering, garing dan kuning keemasan. 

 

Angkat dan tiriskan. Goreng sisa adonan lainnya seperti cara di atas. 

Bakwan sebaiknya didinginkan di rak kawat supaya uap panas bisa menguap dengan baik dan tidak membuat bakwan menjadi lembab.

Santap dan sajikan selagi hangat.

Bakwan Jagung Renyah Dari Neng ini, lebih tambah enak lagi kalau disantap bersama saus sambal atau cabe rawit. Kalau sahabat nggak suka pedas, bisa disantap bersama saus tomat saja, atau disantap langsung juga mantap!

 

Silahkan dicoba,,bila resep Neng ini cukup memuaskan dan bermanfaat, silahkan di share melalui media sosial. Selain berguna bagi sahabat yang lain, juga mendapat pahala lho,,hehe

Terima kasih sudah singgah di Dapur Cantik Neng…

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar