suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » CARA BIKIN KUE BLUDER, SIMANIS DARI MANADO

CARA BIKIN KUE BLUDER, SIMANIS DARI MANADO

Written By Taufani Nurindra Tantri on Rabu, 20 Januari 2016 | 14.41




Makanan yang satu ini namanya “Kue Bluder”. Ya, mungkin terdengar sedikit asing di telinga kita. Ternyata begitu banyaknya masakan, kue, minuman dan beberapa hal berbau tradisional di Indonesia yang tidak begitu diketahui oleh kita sebagai warga Negara Indonesia sendiri. Sungguh sangat-sangat disayangkan bukan?

Nah, alangkah lebih bijaknya jika makanan tradisional ini, dijadikan menu utama keseharian kita dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.Sebagai kue tradisional yang tentunya dengan harga terjangkau dan bahan sederhana namun mempunyai kualitas rasa yang mampu bersaing dengan makanan import yang di banderol mahal. 


Tak kenal maka tak sayang, kata pepatah mengatakan. Biar lebih akrab lagi biar neng kenalin dulu nie. Kue bluder ini adalah makanan asli tradisional Indonesia yang berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Manado. 

 Provinsi Sulawesi Utara sendiri mempunyai motto yang unik yaitu “orang hidup untuk menghidupkan  orang lain”. Kalau lebih diperjelas lagi secara harfiah berarti “Saling menambah pintar dengan orang lain”.

Sejalan dengan motto tadi, ga ada salahnya kan neng berbagi pengalaman dan pengetahuan? Hehe.. 

Sebenernya, “Kue Bluder” ini sejenis roti atau cake yang berbahan dasar terigu, gula pasir, susu bubuk dan margarine yang di sajikan toping fruit mix serta kenari cincang. Bisa juga dikreasikan dengan berbagai buah-buahan lain menurut selera dan warna yang lebih beragam yang bisa mempercantik sajian Kue Bluder ini.

Bluder ini  sama dengan roti yang bisa diisi dengan bermacam pilihan. Terserah  ide sang koki, yang penting  bisa menambah kelezatannya. Untuk ukuran adonannya, kita harus sedikit hati-hati. Karena saat memasukkan ke dalam cetakan harus benar-benar pas. Karena teksturnya yang lembut, bila adonannya melebihi takaran cetakan akan meluap dan meleleh ke bawah, dan membuat bentuk bluder ini kurang bagus. :D

Untuk lebih jelasnya lagi, neng mulai aja tutornya deh…

Bahan-bahan:
  • 2 ¾ ons tepung terigu
  • 1 ons fruit mix, dipotong-potong
  • ½ ons susu bubuk
  • ½ ons margarin
  • ½ ons kenari, cincang kasar
  • ¾ ons gula pasir
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 100 ml air hangat
  • ½  bungkus ragi instant
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat:
  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan susu bubu. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan telur yang sudah dikocok lepas bersama air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Masukkan margarin, uleni kembali sampai rata dan lembut.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang berdiameter 22 cm yang sudah diolesi margarin, diamkan selama setengah jam hingga mengembang.
  4. Taburkan kenari dan fruit mix di atasnya. Masukkan ke dalam ven selama setengah jam dengan suhu 180 derajat Celcius. Angkat, olesi kue dengan margarin.  Potong-potong, hidangkan.
HMM.. MUDAH BUKAN??

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar