suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » CARA MEMBUAT KUE PANCAKE DENGAN TOPING YANG CANTIK

CARA MEMBUAT KUE PANCAKE DENGAN TOPING YANG CANTIK

Written By Taufani Nurindra Tantri on Selasa, 25 Agustus 2015 | 19.50





Kue yang sedang marak sekarang ini menjadikannya sebagai salah satu kue pilihan untuk di sajikan sebagai kue modern. Namun ternyata kue ini telah lahir sejak zamannya Romawi Kuno, sungguh tidak disangka.

Secara sajian tradisional, pancake begitu cepat untuk dibuat dan lezat, baik itu disajikan manis atau gurih dengan beberapa hiasan, kue ini  terasa sempurna. Untuk memasaknya setiap saat sepanjang tahun. 

Bentuknya bundar dan tipis, biasanya dinikmati hangat sebagai menu sarapan dengan saus aneka buah-buahan, seperti blueberryraspberry, stroberi, atau madu, disertai potongan butter di puncaknya.

Berikut panduan saya tentang bagaimana membuat pancake.

Membuat sekitar 8 pancake :

Bahan pancake:
  • 120g  tepung terigu
  • 1 telur besar
  • Susu 300ml (atau susu 225ml dan air 75ml untuk pancake ringan)
  • Garam
  • Mentega untuk menggoreng

Cara membuat pancake yang sempurna:

  1. Ayak tepung dan garam ke dalam mangkuk besar dan membuat sumur di tengah. Pecahkan telur ke dalam sumur dan mulai mencampurnya dengan tepung menggunakan sendok kayu atau kocokan. Tambahkan susu (atau susu dengan campuran air) dalam aliran lambat sementara terus mengaduk. Kocok sampai semua tepung dimasukkan dan Anda memiliki adonan halus dengan konsistensi krim tunggal.
  2. Tinggalkan adonan pancake Anda untuk berdiri selama 30 menit. Jika adonan mengental saat beristirahat, tambahkan sedikit susu lagi untuk kembali ke konsistensi yang tepat. Jika terlalu tebal, Anda akan berjuang untuk meratakan dan melapisi wajan saat memasak.
  3. Ambil wajan besar atau crepe pan dan lumasi secara lembut dengan mentega cair. Letakkan di atas api sedang dan tunggu sampai berkilauan panas.
  4. Tuangkan ladleful dari adonan pancake ke dalam panci, jungkit dan balikkan panci dengan cepat agar campuran berjalan di bagian bawah untuk membentuk lapisan tipis.
  5. Masak pancake untuk sekitar 40 detik sampai tepi mengerut ke atas. Gunakan pisau palet atau spatula, untuk mengangkat tepi pancake dengan hati-hati untuk memastikan bagian bawah berwarna coklat muda.
  6. Balik pancake ke sisi lain. Jika Anda berani, mengangkat  panci yang panas dan memegang pegangan panci di kedua tangan, lalu lemparkan pancake ke udara untuk membalikkan pancakek ke sisi lain, kemudian kembali memanaskan panci.
  7. Masak sisi lain selama 30-40 detik sampai bergerak bebas di sekitar panci. Kemudian transfer pancake ke dalam piring saji.
  8. Nah, Pancake nya sudah  siap disantap





Pancake akan lebih lezat lagi dengan topping dan tambalan :
Cara klasik untuk menghidangkan pancake adalah dengan melipatnya menjadi empat lipatan, kemudian tambahkan perasan air jeruk lemon dan taburan gula kastor. Pancake juga sempurna bila dililit oleh sejumlah tambalan manis dan gurih. Coba seafood krim, atau Stilton dan diisi daun bawang. Bisa juga disajikan manis dengan memilih cokelat dan pisang atau kelembak dan krim.

Menghangatkan kembali pancake :
Pancake lebih baik  dimakan sesegera mungkin, tetapi jika Anda memasak untuk orang banyak, Anda dapat membuat nya terlebih dahulu. Setelah matang, tumpukan masing-masing pada selembar kertas minyak. Kemudian panaskan tumpukan dalam oven microwave rendah atau satu per satu selama beberapa detik.

TIP :
Jangan khawatir jika Anda membuat pancake pertama dalam batch tetapi ternyata menjadi basah berantakan. Padahal kalau dilihat wajan benar-benar panas, dan kemudian menuangkan adonan cukup untuk mencapai ketebalan yang tepat, memang membutuhkan latihan. Biasanya, pancake kedua dan selanjutnya berubah sempurna.


Selamat mencoba
SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar