suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » BANDREK, MINUMAN SEHAT ASLI BANDUNG JUGA AMPUH MENGOBATI PENYAKIT TENGGOROKAN

BANDREK, MINUMAN SEHAT ASLI BANDUNG JUGA AMPUH MENGOBATI PENYAKIT TENGGOROKAN

Written By Taufani Nurindra Tantri on Jumat, 18 September 2015 | 19.41



Bermodalkan bahan alami yang terdapat disekitar kita, minuman khas daerah Jawa Barat ini tercipta. Tidak hanya sekedar minuman pelepas dahaga, bandrek juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti sakit tenggorokkan, batuk, flu ringan, sakit kepala dan sebagainya.

Bandrek juga bisa dikonsumsi untuk sekedar minuman penghangat badan dikala udara dingin, ketika bercengkrama dengan keluarga, atau bisa sebagai jamuan buat sanak saudara atau teman yang sedang berkunjung ke rumah dan jamuan perhelatan lainnya di moment-moment tertentu.

Terbuat dari jahe dan gula merah juga murah dan mudah dalam cara pembuatannya membuat bandrek menjadi salah satu minuman favorit yang mulai dikenal tidak hanya di tatar sunda, tapi di berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.Kini bandrek mulai dilirik oleh pangsa pasar dan para pebisnis mulai dari rumahan hingga pabrikan.


Di beberapa daerah tertentu, bandrek ditambahi dengan beberapa rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangatnya dan juga rasanya, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, susu dan lain sebagainya tergantung selera.

Kita juga bisa mengkreasikan cara penyajian bandrek yang biasanya disajikan dengan sejumput parutan kelapa, bisa  kita kreasikan dengan daun pandan, jeruk lemon segar, dan lain-lain. Bersama sajian bandrek, biasanya dihidangkan dengan kacang rebus, ubi jalar rebus, gorengan ataupun dengan aneka macam kue.

Berdasarkan pengalaman, bandrek dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti gangguan tenggorokan, batuk dan sebagainya.

Adapun resep cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:
  • 1/2 liter Air bersih
  • 100 gram Jahe (dibakar dan dimemarkan)
  • 200 gram Gula Aren (ditumbuk halus)
  • 2 lembar Daun pandan 
  • 5 butir Cengkeh 
  • 5 cm Kayu manis 
  • 1/2 sendok teh Garam 
  • Kelapa serut

Cara membuat:
  1. Campurkan air bersama bahan lainnya.
  2. Rebus hingga air mendidih serta mengeluarkan aroma rempah-rempah.
  3. Angkat lalu saring dengan saringan halus.
  4. Sajikan dalam gelas saji, taburi dengan serutan kelapa.


SELAMAT MENIKMATI!!!

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar