suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » LONTONG KARI KHAS BANDUNG

LONTONG KARI KHAS BANDUNG

Written By Taufani Nurindra Tantri on Selasa, 08 Maret 2016 | 10.46



Hallo sahabat cantik semua, apa kabarnya? Baik ya…
Hari ini kita akan jalan – jalan ke Paris Van Java. Kota kembang yang terkenal dengan fashion dan seni, juga bisa dibilang kota inspirator yang kaya akan kreativitas kebanggaan warga Jawa Barat, yaitu Kota Bandung.

Selain kaya akan fashion dan seni, Bandung juga menyimpan sejuta cerita tentang kuliner. Terlalu banyak untuk disebut satu persatu, mending saya putuskan untuk mengangkat satu masakan saja yang akan diolah di Dapur Cantik Neng,yaitu “Lontong Kari Bandung Khas Bandung”.

 

Makanan yang selain bisa membuat perut kita keroncongan saat melihatnya, juga bisa membuat mulut sulit untuk berhenti bergerak saat melahapnya, dan perut menjadi aman, tenteram dan sejahtera sehabis menyantapnya,, hehe.

Lontong Kari memang makanan yang lezat yang telah beredar di setiap penjuru Kota Bandung. Hampir di setiap perkantoran, kampus, sekolah dan di pinggir jalan yang ditemui bertengger para penjual Lontong Kari yang dikerubuti konsumen.

Sebenarnya makanan ini hanya terdiri dari beberapa irisan lontong dan disiram air kari yang dicampur daging. Namun rasanyaaaa….juara.

Lontong biasanya terbuat dari beras yang variannya ada beberapa jenis. Untuk ketupat lebaran yang dibungkus dengan daun kelapa muda, dan untuk lontong atau lepet dibungkus dengan daun pisang saat memasaknya.

Dipilih daun pisang, karena selain pengaruh warna dan wanginya, daun pisang juga mempunyai pigmen yang berfungsi untuk mempermudah membuka kemasan lontong.

Dan yang membuat lontong ini menjadi lebih lezat ini karena aroma dan rasa dari kuah karinya. Kuah yang diadopsi dari daerah Asia Selatan ini terdiri dari berbagai macam bumbu rempah – rempah yang bervariasi dan kaya akan rasa juga. Hampir di setiap negara di dunia menggunakan jasa kari ini untuk setiap masakannya.

Sekarang yang akan kita olah dari Lontong Kari Khas Bandung ini dengan menggunakan lontong beras yang dibungkus dengan daun pisang dan kari yang dicampur dengan irisan daging sapi.

Yuk kita simak cara memasaknya….

Bahan untuk lontongnya :

1/2 liter beras
Daun pisang
50 gram kapur
Garam secukupnya
Air secukupnya
Tali rafia di belah kecil-kecil sepanjang 250cm untuk mengikat

Bahan untuk membuat karinya :

1 kg daging sapi asli kalau untuk jualan biasanya lebih banyak daging tetelan dan jerohan
2 siung bawang putih di kupas kulitnya lalu cincang dan haluskan
10 buah cabai rawit, di haluskan
2 buku jari kayu manis sabesar
2 buku jari jahe sebesar, memarkan
3 butir kapulaga sebanyak
Garam beryodium secukupnya
Penyedap rasa atau vetsin secukupnya
Gula pasir secukupnya
1/2 sendok teh adas manis
3 jari kunyit, dikupas dan haluskan
1 sendok teh cabe merah bubuk
500 ml santan kelapa
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat lontongnya :
Masukkan beras yang sudah di cuci kedalam panci dengan menambahkan air dan garam beserta sedikit kapur.lalu masak nasi sampai nasi setengah matang.

Panaskan daun pisang yang sudah di potong sesuai dengan ukuran lontong yang akan di buat di atas kompor dengan suhu api kecil sampai daun pisang keluar seperti minyak dan daunnya kelihatan lembek dan lentur dengan tujuan agar saat di bungkus daun pisangnya tidak sobek

Masukkan nasi kedalam daun pisang, ukuran di sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.
Setelah semua nasi lontongnya di bungkus daun pisang dan di ikat menggunakan tali rafia.
Panaskan presto dengan menambahkan air dibawah saringan panci presto.

Presto lontong nasi sampai lontongnya masak serta tekturnya kenyal padat dan matang dengan waktu pemasakan sekitar 45 menitan.
Tiriskan dalam wadah dan tunggu lontongnya dingin dan siap di sajikan dengan kuah sayur daging alias kari daging sapinya.

Cara membuat karinya :

Panaskan minyak lalu tumis bawah putih, cabe rawit, cengkeh, kayu manis, jahe, dan kapulaga hingga matang dan aromanya harum.

Panaskan panci yang berisi air dengan suhu api sedang setelah mendidih masukan daging sapi dan rebus hingga daging sapi empuk dan keluar kuah kaldunya.

Ambil daging sapi lalu potong kecil-kecil, lalu rebus kembali beserta kuah kaldunya
Masukan tumisan yang sudah masak dan harum rempahnya tercium wangi kedalam rebusan kaldu daging sapi.

Tambahkan garam, gula pasir, adas bubuk, ketumbar bubuk, kunyit bubuk, merica bubuk, dan cabe bubuk, lalu aduk hingga rata.

Masukkan santan sedikit-sedikit biar tidak pecah sambil di aduk hingga rata tercampur
Setelah matang angkat kari daging sapinya.

Setelah mateng kecilkan suhu apinya. biar kari daging sapinya tetap panas
Sayur kari daging sapi sapi di sajikan dengan semangkok lontongnya

Cara menyajikannya :

Potong kecil-kecil lontong yang sudah dingin kedalam piring atau mangkok .Lalu tambahkan sayur kari daging sapinya yang masih hangat , tambahkan bawang goreng, kacang beserta kerupuk atau emping dan tambahkan potongan jeruk biar lebih segar ,dan semangkok lontong dengan sayur kari daging sapi.

Sajikan selagi panas … dan cicipi kelezatannya.. Selamat mencoba///
Bila sahabat suka, bisa share artikel ini melalui media sosial.

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar