suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » ANDA TAHU MENTIMUN? ADA KANDUNGAN LUAR BIASA YANG HARUS KITA TAHU DARI BUAH INI

ANDA TAHU MENTIMUN? ADA KANDUNGAN LUAR BIASA YANG HARUS KITA TAHU DARI BUAH INI

Written By Taufani Nurindra Tantri on Senin, 13 Mei 2019 | 14.05



Mentimun,,siapa yang tidak tahu dengan buah ini. Apapun hidangannya, bila telah diberi mentimun maka aroma kesegaran pun langsung terasa. Baik dari rasa maupun warnanya, ada sedikit efek yang benar-benar berbeda ketika kita menikmatinya.

Tak hanya untuk masakan sajian makanan pokok, mentimun pun sangat bersahabat untuk dijadikan variasi makanan ringan atau cemilan. Dan tak hanya berhenti di situ, di santap langsung atau di duetkan dengan kerupuk untuk sekedar menemani kita menonton, atau melakukan aktifitas lainnya pun mentimun begitu piawai memainkan perannya dalam cita rasa.

Dalam artikel ini, Suka Masak Dot Com tidak akan membahas cara memasak atau mengolah mentimun menjadi sajian makanan, tapi ada mukjizat lain dari mentimun ini yang patut kita ketahui. Ternyata, selain enak dan memperindah tampilan masakan, mentimun ini mempunyai khasiat penting untuk tubuh kita. Kita simak saja diantaranya beberapa khasiat yang bisa Suka Masak Dot Com sajikan untuk para penikmat artikel.

Mentimun, bila kita ambil saja sedikit atau sekitar beberapa potong kecil lalu direndam dalam air minum dan dibiarkan selama 12 jam sama saja, bisa melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit dan kekurangan gizi. Tak hanya mentimun memang, sebagian buah atau sayur lainnya seperti wortel, jeruk, daun sirih dan lain sebagainya pun bisa di manfaatkan dengan metode ini atau istilah lainnya “infused water”.

Air mentimun bisa berperan untuk menyegarkan tubuh.  Mentimun banyak mengandung vitamin C, K, B, kalium, antioksidan, mangan dan tembaga yang bisa menjaga tubuh kita untuk tetap fit. 

Sangat baik untuk pembentukan Tulang & Otot. Mentimun berfungsi memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang Anda sehat. Hal ini karena mentimun kaya akan silika yang penting untuk pengembangan jaringan ikat. Sehingga tulang dan otot kita tetap kuat.

Memperkuat Imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang terkandung dalam air mentimun antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Ini membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan proses penyembuhan dan menjaga kebugaran.

Menjaga atau membersihkan tubuh. Air mentimun memiliki efek detoksifikasi karena menghapus semua akumulasi racun dari tubuh. Ini juga termasuk membersihkan hati dan menghapus semua metabolit. Air mentimun benar-benar membantu organ-organ tubuh untuk bekerja lebih efektif.

Mengurangi Kolesterol Jahat. Sterol yang hadir dalam air mentimun bisa membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Dengan demikian, air mentimun bisa mencegah datangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Mentimun juga mengurangi kekakuan pembuluh darah Anda sehingga aliran darah lebih lancar.

Membantu melawan Kanker karena tingginya kadar antioksidan seperti pinoresinol dan sebagainya terkandung dalam air mentimun untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghapus radikal bebas dari tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

Membuat ginjal sehat dengan aktivitas mentimun yang mampu mengurangi kadar asam urat dari tubuh yang bertanggung jawab untuk menyebabkan asam urat. Selain itu, Air mentimun juga menghilangkan kreatinin, asam urat dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di ginjal.

Membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri yang hadir di mulut. Mentimun mempunyai phytochemcials yang bisa membunuh bakteri di mulut. Mulut akan terasa segar sepanjang hari.

Melindungi otak, karena Substansi anti-inflamasi, fisetin ada pada mentimun yang berperan meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan. Air mentimun juga dapat mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Baik untuk Kulit dan Rambut. Antioksidan dalam mentimun yang tercuci dalam air menjaga kulit untuk tetap bersinar dan selalu segar. Silikon dan sulfur dalam mentimun juga bisa mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat.

Bagaimana, hebat kan kandungan yang terdapat dalam buah mentimun ini??? Mulai sekarang sediakan selalu buah mentimun ini, karena dapat menjadi benteng untuk tubuh kita tercinta.

Sahabat pun bisa membagikan rahasia kandungan mentimun ini untuk tamu teman, dan kerabat yang sedang berkunjung ke rumah. Bisa langsung klik di menu berbagi melalui link media sosial di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi rekan dan kerabat lainnya.

Terima kasih sudah singgah di sini. Selamat menikmati artikel lainnya. Simak terus menu kreatif lainnya di Suka Masak Dot Com.

ENJOY  COOKING!!!  

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

1 komentar :