suka masak dot com
Lebih dari 999.999 resep
makanan dan minuman.
Home » » NASI GORENG TERNYATA BISA MENGOBATI PENYAKIT LHO!

NASI GORENG TERNYATA BISA MENGOBATI PENYAKIT LHO!

Written By Taufani Nurindra Tantri on Sabtu, 05 Januari 2019 | 17.33


Makanan yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi eksistensinya di dunia kuliner kita. Ya, Nasi Goreng, hampir setiap hari kita mengkonsumsinya dari sejak kecil hingga dewasa. Namun, ternyata makanan yang begitu populer di negara kita ini ternyata awalnya adalah masakan tradisional Tionghoa. Lho?

Menurut catatan sejarah, sejak 4000 SM nasi goreng ini terlahir, dan kemudian tersebar ke Asia Tenggara yang dibawa oleh para perantau Tionghoa. Dan mereka ini menetap yang kemudian menciptakan nasi goreng bernuansa baru dengan bumbu-bumbu dan cara menggoreng yang khas disesuaikan dengan daerah lokal.


Awal mula kemunculan nasi goreng ini sebenarnya dari beberapa sifat kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mengkonsumsi makanan dingin dan membuang sisa makanan dari beberapa hari sebelumnya. Oleh karena itu, nasi yang dingin itu lalu di goreng untuk di hidangkan kembali.

Ternyata, keistimewaan nasi goreng ini ternyata tidak hanya nikmat di lidah, tapi juga bisa untuk terapi pengobatan. Kok bisa? Bisa lah, karena dalam pembuatan nasi goreng menggunakan beberapa rempah-rempah yang diyakini mempunyai khasiat segudang untuk kesehatan, seperti bawang merah, bawang  putih dan cabai.

Bawang merah : bila dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun dimasak, dapat memerahkan wajah dan melawan bahaya racun, menguatkan perut, membangkitkan dan menguatkan gairah seks, melunakkan dahak lendir, membuka penyumbatan, memperlancar dan memperhalus usus, menyembuhkan penyakit kulit (gatal-gatal), menyembuhkan batuk, kekasaran pada dada, menyembuhkan rasa sakit pada pundak dan pinggul. Air bawang merah jika digunakan celak mata yang dicampur madu berfaidah menyembuhkan lemah pandangan mata dan air yang keluar dari mata. Jika diteteskan pada telinga dapat memperbaiki pendengaran, dengungan di telinga dan menahan cairan nanah.

Bawang Putih : mengandung 25% minyak uap komposisi asam garam belerang, 49% protein, 2% minyak (lemak), juga mengandung sebagian garam dan arang nabati, vitamin A, dan gabungan vitamin B, C, dan E, mineral, asam garam belerang , fosfor, magnesium, kalsium, yodium, besi (potasium, sodium, mangan dan zinc). Mengandung juga protida, oksida “al-alil” dan antibiotik. Asam garam belerang pada bawang putih bisa menjadi unsur penawar yang menakjubkan.

Cabai : mengandung vitamin A dan C, sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan rasa pedas yang ditimbulkan oleh capcaisin mampu menstimulasi aliran darah menjadi lebih cepat, menghalangi aktivitas otak menerima rasa sakit dari sistem saraf bila kita sedang terserang sakit kepala, melonggarkan penyumbatan lendir pada hidung dan tenggorokan, dan meningkatkan temperatur tubuh, sehingga kita terbiasa berkeringat dan tidak mengantuk jika kepedasan. Capcaisin pun bersifat antikoagulan, yaitu menjaga darah tetap  encer dan mencegah terbentuknya kerak pada pembuluh darah.

Nah, lumayan komplit bukan kandungan dari sepiring nasi goreng ini? Jadi jangan ragu lagi untuk menyantap nasi goreng yang nikmat dan juga menyehatkan ini.

SHARE

About Taufani Nurindra Tantri

0 komentar :

Posting Komentar